Jumat, 26 Juni 2009

Menyongsong Tahun pelajaran 2009-2010

Sekolah telah berbenah diri dengan serangkaian kegiatan menjelang tahun pelajaran 2009-2010 yaitu Rapat kerja,Penerimaan Peserta Dididik Baru(PPDB) dan kegiatan lainnya .
Tanpa terasa kita telah memasuki tahun kedua menyongsong pelaksanaan Sistem Kredit Semester di SMA. Apa yang sudah kita lakukan untuk hal itu? Ada yang bersikap skeptis,ada pula yang pesimis,namun tidak sedikit yang bersikap optimis.Sikap yang terakhir iunilah yang diharapkan karena suka atau tidak kita harus berubah.Perubahan itu bersifat abadi di dunia ini walau terkadang kita tidak menghendakinya.

Bagi yang optimis perubahan sudah dilakukan dan dirasakan positif misalnya pembelajaran melalui sistem moving class dengan segala konsekuensinya yang menuntut kreatif,inovatif dan menyenangkan diantaranya pembelajaran berbasis ICT.Dua hal itu merupakan syarat mutlak untuk meningkatkan akselerasi pembelajaran dengan keterbatasan waktu yang ada.Sedangkan yang bersikap skeptis dan pesimis tentunya sistem moving class dan pembelajaran ICT akan menjadi beban berat.Didepan kita terdapat pilihan-pilihan yang harus kita pilih, acuannya bukan subyektifitas atau selera melainkan tuntutan zaman,dan peningkatan mutu tentunya. Untuk itu kata kuncinya hanya satu yakni tetap harus belajar.Belajar dan belajar sehingga akan terjadi perubahan dari learning person ke learning organization.

Berikut ini data survey yang dilakukan Litbang beberapa waktu lalu tentang sistem moving class
1.Siswa yang menginginkan moving class tetap berjalan 88,89%
2.Siswa yang menginginkan sistem kelas permanen 11,11%

Kita hidup dilingkungan pendidikan tentunya bersikap rasional lebih bijak daripada mengedepankan emosional.Selanjutnya kita menuju profesional dan bermakna bagi kehidupan bangsa .Dengan demikian Strategi belajar moving kelas pada tahun pelajaran 2009-2010 merupakan inovasi dan pilihan yang tepat untuk senatiasa meningkatkan mutu pembelajaran agar lebih menyenagkan dan bermakna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar